Inilah hasil kerja pelajaran Arab melayu saya tentang kalimat yang menggunakan imbuhan me, di, ke, ber, ter . Setiap kata yang diawali dengan imbuhan, maka suku kata imbuhan huruf hidupnya tidak ditulis .

Kalimat:  1. Me - Kakak sedang memasak nasi .
             2. Di  - Bapak sedang tidur di rumah .
             3. Ke -  Ibu pergi ke pasar .
             4. Ber - Bapak sedang berkerja .
             5. Ter -  Apel itu tiba-tiba terbelah .


Cerita Rakyat RIAU (Putri Tujuh)




Ini adalah hasil kerja Arab melayu saya. Cerita Putri Tujuh ini menceritakan tentang sebuah Kerajaan di kota dumai dulu yang bernama Kerajaan Seri Bunga Tanjung. Kerajaan itu diperintah oleh seorang ratu bernama Cik Sima. Ratu itu mempunyai tujuh anak yang cantik dan rupawan, namun, sang putri bungsu lah yang paling cantik, namanya Mayang Sari. Suatu hari, seorang pangeran sedang mengamati ketujuh putri itu mandi. Dia jatuh cinta saat melihat Mayang Sari dengan kecantikannya. Pangeran itu berusaha meminang sang putri, namun ditolak. Akhirnya, terjadilah perperangan dari kerajaan sang pangeran dengan Kerajaan Seri Bunga Tanjung. Saya mengalami sedikit kesulitan dalam mengubah huruf bahasa indonesianya menjadi arabl melayu, namun saya cukup puas dengan hasilnya.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Dekorasinya bagus...Untuk kata berimbuhan ada dua kata yang tidak tepat penulisannya. Yaitu kata bekerja dan terbelah. dan untuk kata yang lainnya, seperti kata ibu huruf "u"nya harus ditulis dan kata "tiba-tiba" huruf "a"nya juga seharusnya ditulis.

    ReplyDelete

Blogger templates

Pageviews . oAo"

How often do you listen to music?

Powered by Blogger.

Hi I'm Raihan, Nice to meet you and Welcome to my Blog . :3

Fans? Oh, Folllowers . OuO"

Copyright © Raihan's Academic Blog . -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan